Ngompol di tengah Gugur Gunung

// // Leave a Comment
Main gugur gunung
pic by me
Suatu hari, aku masih SD kelas berapa aku lupa kapan. Sudah menjadi kebiasaan anak-anak di sekitar rumahku kalau bermain pasti di halaman rumah seorang nenek, bernama Mbah Suro. Di sanalah istana kami, tempat favorit kami. Rumah Mbah Suro mempunyai halaman luas, ada kebun dengan banyak pohon-pohon besar sehingga kami bisa bermain sepuasnya. Dari umpetan, lompat tali, sepak bola, kelereng, sepak sebong, dll. Pokoknya di sanalah istana kami.

Hari itu, hari yang cerah dan teman-teman mengajak bermain. Aku langsung menuju ke rumah Mbah Suro. Di sana sudah pada kumpul, dari hasil musyawarah (ce ileee) kami main gugur gunung. Permainan dengan tanah yang dibentuk seperti gunung, di puncaknya ditancapin lidi. Lalu anak-anak mengambil tanah secara hati-hati dan yang menjatuhkan lidi di anggap kalah dan harus menjaga sembari teman-teman yang lain ngumpet.

Karena asyiknya aku sampai lupa waktu. Temanku yang ikutan main banyak sekali, ada Dedi, Chandra, Purwanti, Topik, dll. Karena lamanya aku sampai merasa pengen pipis. Tetapi aku menahannya sampai beberapa lama. Setelah itu aku ngomong-ngomong sama teman dan dasar si Dedi cerita lucu banget. Spontan aku tertawa dan karena itu pula aku jadi nggak kuat nahan pipis. Adu duh!... syurrr..... basah celanaku, semua mata tertuju padaku. Wajahku panas, aku malu, aku harus bagaimana?.

Dedi lalu bilang “Ihh, ngompol ki..” spontan aku jawab “Eh iyo, biasane yo ngene....”. aduh bodoh banget aku. Aku lalu pulang dengan diikuti padangan dan tawa terpendam teman-temanku. Dan masih dengan celana hijau lumutku yang basah plus perasaan bingung, aku pulang. Entah bingung karena apa....

(andai saja dulu musim kamera, pasti akan aku abadikan momen2 indah itu)

ini adalah lirik lagu Gugur gunung yang aku dapat dari tetangga

(SUMBER:

Ayo (ayo) … kanca (kanca) … ngayahi karyaning praja
Come (come) … friends (friends) let’s do our work

Kene (kene) … kene (kene) … gugur gunung tandang gawe

Come here (come here) … come here (come here) … together we do the work

Sayuk-sayuk rukun bebarengan ro kancane

Harmoniously (let’s be) together with friends

Lila lan legawa kanggo mulyaning negara

[Work] sincerely for the glory of our country

Siji (loro) telu (papat) … maju papat papat

One (two) three (four) … let’s go (forward) infours

Diulung-ulungake mesthi enggal rampunge

Pass if over to the other, for sure if will finish

Holobis kuntul baris, holobis kuntul baris ( 2x )

0 komentar:

Posting Komentar