[Dorama] Ando Lloyd - A.I. knows LOVE?: It's Weird but It's still Good

// // Leave a Comment


Title : Ando Lloyd - A.I. knows LOVE?
Genre: Sci-Fi, romance
Episodes: 10
Broadcast period: October - December 2013
Theme song: Your Eyes by Takeuchi Mariya

CAST 


Om Kimutaku meskipun sudah kepala 4 tapi masih bisa mempesonaku. Kali ini, si Om akan menjelma menjadi seorang profesor jenius yang kikuk dan juga menjadi robot android dari masa depan. Dengan kepiawaian aktingnya, dua karakter itu bisa sangat mudah dibedakan. Kesamaanya hanya satu, yaitu tampang si Om yang kakkoii. Bersama dengan , Kimura Takuya membuktikan bahwa, gelar raja dorama masih menjadi miliknya (Lebay! :) )

Sinopsis

Di tahun 2013, Matsushima Reiji, seorang profesor jenius fisika dari universitas terkemuka di Jepang melakukan riset tentang wormhole atau lubang cacing, yaitu jalan pintas untuk melintas waktu. Beberapa saat kemudian, muncul daftar ramalan kematian sejumlah ilmuwan  yang telah terbukti berturut-turut benar. Matsushima Reiji muncul dalam daftar itu, termasuk pula Ando Asahi, tunangannya yang diramalkan akan mati setelah kematiannya sendiri. Matsushima Reiji pun melakukan segala cara untuk melindungi tunangannya. Hingga suatu hari, dia ditembak oleh seorang misterius yang ternyata berasal dari masa depan, tahun 2113! Berita kematiannya pun akhirnya sampai di Ando Asahi, dan juga Matsuhima Nanase, adiknya yang juga peneliti fisika di universitas yang sama.

Mastushima Reiji dengan gaya khasnya untuk melindungi Ando Asahi. :)
(Img source: here)

Matsuhima Reiji dan Ando Asahi. (img source: here)

Di tengah kesedihan mendalamnya, Ando Asahi mendapati munculnya sosok misterius yang keluar dari komputer Reiji, sebuah android atau robot manusia dari masa depan. Sosok yang menyerupai manusia itu memiliki tampilan fisik dan suara serupa dengan Reiji. Android yang mirip Reiji itu memiliki misi tugas melindungi Ando Asahi dari kematian. Setelah kematian Reiji, sejumlah android dari masa depan mulai menyerang dan berusaha membunuh Ando Asahi. Berkat perlindungan dari Ando Lloyd - nama android yang mirip Reiji - , kematian Ando Asahi bisa dihindari. Sebuah android tidak memiliki perasaan, kecuali jika program emosi telah diinstalkan. Dengan program itu, android dapat merasakan emosi sama seperti halnya manusia.

Apakah Ando Lloyd bisa merasakan cinta juga? Apa yang kemudian terjadi dengan Ando Asahi? Bisakah android Ando Lloyd bisa melindungnya dari kematian? Dan bagaimana dengan Matsushima Reiji, apakah sebenarnya rencana yang telah dilakukannya untuk melindungi Ando Asahi? Bagaimana pula nasib bumi di tahun 2013 ketika banyak android dari masa depan yang muncul di tahun itu? Apakah yang akan terjadi di masa depan? Wow, banyak sekali pertanyaan yang muncul. Nonton sendiri ya untuk jawabannya.

Sedikit bocoran, dorama ini lumayan bagus kok dengan ending yang bagus juga. :)

Menguliti Dorama

Seperti yang aku sebut sebelumnya, bahwa Om Kimutaku tak pernah mengecewakan. Sejak jama Long Vacation , aku sudah suka sama om ganteng ini. Tak hanya aku pastinya, kamu para pecinta dorama pasti juga pernah paling tidak sekali sama om ini. Meskipun agak-agak aneh, tapi dorama Ando-Lloyd ini cukup layak ditonton. Kalau yang main di dorama ini bukan si om, aku bisa saja tak pernah menontonnya. Hehehe. Yuk seperti biasa, aku mau ngupas sedikit dorama ini.

Ide Cerita
Sumpah aneh! Aku tidak bilang ini jelek ataupun bagus. Ya itu, aneh. Kenapa aneh? Karena dorama sci-fi (science fiction aka fiksi ilmiah) seperti ini memang bersumber pada fantasi tingkat tinggi kreatornya. Aku tidak berharap bahwa aku harus mengerti dan mendapatkan logis cerita sepenuhnya. Dan Ando-Llyod adalah salah satu cerita yang tidak masuk akal dan aneh.

Robot android dari 2113 datang dan membunuh manusia demi menjaga rahasia masa depan karena ada seorang  profesor yang berhasil menemukan cara untuk membuat lorong waktu. Kemudian robot android yang memiliki perasaan. Duh, jadi ingat film-film dengan tema kecerdasan buatan  (artificial intelligence) yang sudah lumayan banyak juga, misalnya saja Chappie yang belum lama juga kutonton di bioskop. Halah, kok malah kemana-mana. Intinya sih, menurutku cerita ini aneh. Itu saja.


Alur dan Akhir

Alurnya dibuat maju mundur, dari tahun 2013 ke 2113. Agak sedikit membingungkan tapi bisa dimengerti. Di beberapa bagian, aku tidak mengerti beberapa alur ceritanya. Tapi, itu tidak menjadi masalah penting karena bagiku detil-detil ceritanya hanya pendukung dari cerita utama. Dan, kisah utamanya cukup berhasil disampaikan dengan baik.

Bagaimana dengan akhir cerita? Akhir yang bahagia! Masalah-masalah terselesaikan semua. Yang agak kurang enak menurutku adalah klimaksnya yang kurang dramatis. Berarti tidak klimaks dong? Hahaha.. Ya begitulah, kurang greget dan menggigit. (Aih, mau dong digigit si om ganteng. Hihihi...)

Foto Reiji dan Asahi, Tokyo Tower mini, dan kaca mata Reiji.
(img source: here)


Latar/ seting

Tidak ada masalah dengan latar masa kini di tahun 2013, tapi untuk beberapa bagian di masa depan yaitu tahun 2013 rasa-rasanya kurang nendang, kurang canggih nih. Aku membandingkannya dengan film-film sci-fi yang lain kok rasanya kurang gimana gitu ya. Kalau urusan canggih-canggih, aku selalu ingatnya sama Iron Man. Nah, bayanganku akan teknologi masa depan adalah yang mirip-mirip itu. Dan di Ando-Lloyd ini kurang seperti itu, jadi aku kurang terkesan. Animasi yang dibuat mungkin penyebabnya. Menurutku, animasi dan efek di dorama masih bisa lebih baik dari ini.

Aku paling suka dengan latar Tokyo Tower yang sering dimunculkan. Secara personal, Tokyo Tower adalah simbol Tokyo dan aku pernah ke sana. Jadi, setiap melihat menari ini, jadi langsung teringat 2 mingguku di Jepang yang sangat menyenangkan. :)

Tokoh dan Pemeran

Karakter Matsushima Reiji yang jenius tapi agak pemalu dan kikuk cukup menarik. Apalagi saat dia berpose untuk melindungi kekasihnya - Ando Asahi -, imut banget. Sedangkan karakter Ando-Lloyd yang tak beremosi juga menarik. Namanya juga robot. Dan si Om Ganteng, Kimura Takuya, sudah pasti berhasil memerankan keduanya. Aku dengan sangat mudah mencintai si profesor kikuk Matsushima Reiji dan juga android cool Ando-Lloyd. Gampang banget membedakan dua tokoh itu meskipun wajah dan suaranya sama persis! Hahaha.. Aku lagi doyan bercanda sepertinya. :P


Shibasaki Kou dan Kimura Takuya (img source: here)
Cool Ando Lloyd, cool Kimutaku.
(img source: here)

Ando Asahi adalah keras kepala, mandiri, namun ternyata memiliki kerapuhan di dalam dirinya. Meskipun terlihat tegar dan kuat, namun Ando Asahi sempat ingin bunuh diri karena tidak bisa menerima kematian Reiji. Ehm, bagaimana ya? Shibasaki Kou itu bagus. (Tapi, aku kok agak ragu ya menulisnya.) Tapi, kurang dapat mengesankanku. Shibasaki Kou tidak terlalu terlihat depresi saat kematian Reiji. Ekspresinya biasa saja. Masa iya sih, orang mau bunuh diri tidak depresi? ;P Lalu, aku kadang terganggu dengan sikap manja Ando Asahi-nya Shibasaki Kou. Kenapa ya? Aku merasa itu tidak imut. Aku merasa ini adalah imut yang dipaksakan. Hehehe. Mungkin, aku masih terbayang-bayang dia di Galileo kali ya.

Pemeran pendukung lain, misalnya Mitsushima Nanase yang memerankan Oshima Yuko malah bagus. Aku tidak menyangka tokoh ini ternyata adalah dalang utama semua kejadian di cerita ini. Tokoh ini banyak memiliki kejutan. Aku suka dia. Selain itu, Kiritani Kenta, Honda Tsubasa, Mirei Kiritani yang juga menjadi pemeran pendukung cerita, cukup baik dengan masing-masing karakter tokoh yang diperankannya. Agak lucu melihat Mirei Kiritani dan ekspresi bibir manyunnya yang terkenal itu. Memang begitu ya bibirnya? Hahaha...

Matsushima Nanase (Oshima Yuko) yang misterius.
(img source: here)


OST dan Lagu Tema

OST is so so, lumayan lah. Lagu temannya juga. Dua-duanya gak nempel di kepalaku.

Jadi, sekian yang bisa kutuliskan untuk Ando-Llyoid 'AI knows Love?'. Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas, tapi nanti kalau kepanjangan malah kemana-mana. Segini saja cukuplah. :D Nonton ya, dijamin tidak kecewa sama Kimura Takuya deh. Meskipun kurang masuk akal ceritanya. Hahaha...

7/10

Goodpart: Kimura Takuya's acting, Ando-Lloyd's cool expression, Matshima Reiji's action and shy face, every thing about Kimutaku is good!, Tokyo Tower.
Badpart: Sometimes plot is hard to follow, Shibasaki Kou's expression, unclimax ending, need better animation, where's future tech gone?  



Mikirin apa ya si profesor ganteng ini?
(img source: here)
-------------

0 komentar:

Posting Komentar