TARUS: Puncak Baru Merapi Pasca Erupsi

// // 1 comment
Tahukah kamu apa nama puncak Gunung Merapi yang sekarang?


Puncak garuda sebelum erupsi 2010
Img source: here


Dulu, sebelum meletus pada tahun 2010, puncak gunung berapi paling aktif di dunia itu bernama Puncak Garuda dengan ketinggian 2968 mdpl. Kenapa bernama puncak Garuda, dulu katanya batu tertinggi di puncak Merapi ini berbentuk mirip garuda. Lalu ketika gunung ini meletus apa yang terjadi?






Puncak Merapi pasca erupsi 2010
Img source: here




Puncak Garuda sudah runtuh. Batu yang konon berbentuk lambang negara ini sudah tidak berdiri kokoh lagi. Runtuhnya puncak Garuda bahkan menyebabkan ketinggian Merapi berkurang sampai lebih dari 100 meter (klik sini). 





Lalu apa nama puncak gunung Merapi saat ini? 


Beberapa waktu lalu, seorang teman pendakiku semasa SMA mengirim sms. Dari obrolan melalui pesan singkat itu, kami membicarakan pula tentang gunung yang pernah kita daki bersama di masa lalu. Dan dari teman saya inilah saya tahu bahwa nama puncak Merapi yang baru adalah PUNCAK TARUS

Nama puncak ini sendiri berasal dari kata 'SURAT' yang dibalik susunan hurufnya. 'Surat' adalah nama seseorang yang berasal dari daerah Selo Kabupaten Boyolali yang mendedikasikan dirinya sebagai seorang pencinta Merapi. (Aku sebenarnya ingin menulis sebagai 'penjaga' namun konotasi penjaga adalah juru kunci, dan ini tentu saja berbeda). Untuk menghargai jasa beliau maka nama puncak gunung yang baru ini dinamai dengan namanya.

Nah, yang menjadikanku senang adalah bahwa orang hebat itu adalah salah satu temanku. Aku biasa memanggil dengan sebutan 'Paklik' atau 'Paklik Surat'. Kami pernah mendaki bersama gunung ini pada sekitar tahun 2005. Ehm,.. bangga rasanya. 

Meski aku tidak akan berjumpa lagi dengan Puncak Garuda, namun aku tak kecewa karena Puncak Tarus masih menanti disana. Tinggal tunggu waktu. Lagipula aku juga sudah rindu ingin berjumpa dengan Paklik yang baik hati itu. 

Pucak Tarus, just wait me....

Me in Puncak Garuda 2005

(Nonette262)

1 komentar: Leave Your Comments