Kotak Emas di Perjalanan

// // Leave a Comment
Kenapa ya jika di dalam perjalanan jauh ide-ide segar selalu banyak menyeruak muncul bak banjir gelombang tsunami yang memghantam otak? Yuhuuu.... Rasanya apapun bisa terjadi, diraih, dan dilakukan! Luar biasa bukan! Dunia imajinasi otak mempermainkan kebolehannya untuk menemukan solusi dan jawaban atas banyak pertanyaan kehidupan yang kadang tak kan ditemukan mesti dicari di dalam renungan. Perjalanan bisa menjawabnya! Dan saat ini, di dalam kotak bus Gunung Mulia, di perjalanan Bogor - Boyolali, aku juga terkena badai itu. Aku banyak terinspirasi dan menemukan keindahan akan rencana yang seakan tanpa cela.

Mungkin dalam perjalanan tak banyak hal yang bisa kita lakukan selain duduk manis di kursi penumpang. Mau ngapain coba? Mata menyaksikan pergantian pemandangan kehidupan dari luar kaca jendela, mempelajari kenyataan di luar sana. Saat itulah otak mulai bekerja, mencerna informasi yang diterima dan menghubungkan dengan hidup si empunya. Dalam kondisi rileks si otak akan lebih mudah menjangkau pikiran terdalam kita dan dengan mudah serta sederhana bisa menemukan solusinya. Ah, hebat nian desain manusia itu ya! Siapa pula penciptanya?! 

Kotak bus, gerbong kereta api dan lambung pesawat menjelma menjadi kotak emas yang kadang lebih pintar dari ruang kelas. Otak sendiri adalah sumber ilmu terbaik dibanding apapun. Dan perjalanan menjadi proses penginspirasian terbaik dibanding bertapa. Oh ya? Jika memang apa yang kupikirkan itu benar, maka tak salah jika orang bijak dari dulu selalu mengatakan "Merantaulah sebanyak mungkin! Lakukan perjalanan selagi muda!". Bukan hanya tempat tujuan yang menjadi tujuan, tapi perjalanan itu lah tujuannya. 

Ingat seorang kawan, pengembara juga, Gilang Embang yang selalu memberi inspirasi. Dia berkata bahwa di perjalanan itulah proses yang pentingnya. Benar banget itu! 

Awalnya aku ingin bermaksud menuliskan perjalanan dalam artian sederhana yaitu dari satu tempat ke tempat lain, tapi kurasa bahwa perjalanan ini bisa dimaksudkan ke sesuatu yang lebih luas, lebih universal. Perjalanan untuk apapun itu selalu memberikan kejutan bagi si pengembara. Apa kamu ingin hidupmu penuh kejutan? Aku sih iya! Karena itulah aku selalu ingin menjadi pengembara di hidup ini. Karena pada dasarnya, aku memilliki sejuta pertanyaan yang ingin kujawab melalui nurani yang kadang hanya terbuka saat aku sedang di jalan. 

Anybody wants to go with me? 




0 komentar:

Posting Komentar