[Dorama] Long Love Letter: Live for the Moment!

// // 1 comment

Title: Long Love Letter/ ロング・ラブレター
Genre: Science fiction, human, romance
Episode: 11
Broadcast period: Jan - March 2002
Theme song: Loveland Island by Yamashita Tatsuro

CAST
Tokiwa Takako as Misaki Yuka
Kubozuka Yosuke as Asami Akio
Yamada Takayuki as Takamatsu Sho
Yamashita Tomohisa as Ootomo Tadashi
Nakajima Hiromi as Sekiya Noriko
Tsumabuki Satoshi as Fujisawa Ryuta





Setelah melihat Kubozuka Yosuke di IGWP (Ikebukuro West Gate Park) , aku langsung jatuh hati. Long Love Letter adalah salah satu dorama yang kutonton karena dia, selain juga memang ada Yamapi (Yamashita Tomohisa) yang ikut meramaikannya. Dorama jadul tahun 2002 inipun akhirnya sudah selesai kutonton dan berikut ini adalah reviewnya. :)

Sinopsis


Asami Akio, seorang mahasiswa bertemu pertama kali dengan Misaki Yuka, seorang florist, di sebuah toko buku. Perkenalan pun berlanjut dan mereka berdua bertukar kontak. Karena suatu kejadian, Asami kehilangan ponselnya dan sekaligus kehilangan seluruh kontak di dalamnya. Selama setahun, Asami dan Misaki tidak pernah bertemu lagi hingga kemudian tanpa sengaja mereka berdua bertemu di sebuah SMA tempat Asami bekerja sebagai guru.

Setelah liburan tahun baru, SMA mengadakan kelas perbaikan untuk murid-murid yang bermasalah. Saat itu, tanggal 7 Januari 2002. Sejumlah murid dan guru berada di sekolah untuk menjalankan aktivitasnya masing-masing. Misaki datang ke sekolah ini meminta tagihan bunga dari seorang guru yang memesan bunga darinya. Tanpa sengaja, Misaki bertemu lagi dengan Asami. Saat mereka sedang berbicara di halaman, tiba-tiba gempa besar terjadi dan membawa satu sekolahan itu menghilang.

Sekolahan yang menghilang di tahun 2002. (img source: here)

Masa depan di tengah gurun tandus. (img source: here)

Tidak hanya Asami dan Misaki yang terbawa pergi tapi juga sejumlah murid - Tadashi Ootomo dan Takamatsu Sho, dll - serta guru lain Sekiya Noriko dan lainnya. Sebanyak 22 orang yang berada di sekolah menghilang dari Yokohama pada 7 Januari 2002. Gedung sekolah dan penghuninya pun tiba-tiba muncul lagi di tengah-tengah gurun pasir tandus yang tak dikenal yang ternyata adalah masa depan. Di tengah usaha bertahan hidup dan keinginan untuk kembali pulang, ke22 orang ini akan memperlihatkan bagaimana perjuangan dan juga harapan manusia itu akan selalu ada. Dan bahwa cinta serta perasaan yang kuat dapat melampaui batas ruang dan waktu.

Menguliti Dorama


Long Love Letter terinspirasi dari manga berjudul Hyouryuu Kyoushitsu atau The Drifting Classroom karya Umezu Kazuo.  Secara keseluruhan, aku lumayan suka dengan dorama ini. Ceritanya bagus dan para pemerannya juga lumayan. Jika ada sedikit ganjalan, ya paling karena tampilan dorama ini terkesan jadul. Ya memang jadul sih. Hehehe. Selain itu,  melihat sejumlah aktor/aktris pada jaman masih unyu-unyu, menjadi hiburan tersendiri. Baru sekali ini aku melihat Yamada Takayuki, Mizuhara Asami, Takei Emi, dll yang masih muda. Kalau Yamapi sih, dari bayi aku juga sudah pernah lihat. :P

Ide Cerita
Meski bersumber dari manga, dorama ini ceritanya sedikit berbeda. Tokoh Asami dan Misaki adalah tokoh yang tidak ada di manganya. Jika di manga cerita lebih mengarah ke suspense dan horor, di dorama ini lebih menekankan di drama dan romansa. Yang sama adalah, latar kejadiannya yaitu sekolah yang menghilang dan muncul di masa depan bersama sejumlah orang di dalamnya.
Sekelompok orang yang terdampar di masa depan ini harus berjuang melawan kerasnya hidup di bumi yang sudah rusak dan tercemar. Tidak hanya konflik di dalam diri sendiri dan di dalam kelompok, mereka juga harus berhadapan dengan manusia-manusia penghuni masa depan. Mereka merasakan kemarahan pada manusia di masa lalu yang telah merusak bumi sampai sedemikian rupa hingga berubah menjadi gurun tandus.

Yang menjadi sangat manis di dorama ini adalah penggunaan judul dan juga pesan yang ingin disampaikannya. Long love letter, surat cinta yang menempuh perjalanan panjang menembus batas ruang dan waktu, untuk menyampaikan pada diri kita sendiri dan pada manusia, bahwa kita harus hidup sepenuhnya, melakukan sesuatu tanpa ragu dan menjaga alam lingkungan. Seperti yang Asami katakan di pembuka episode 1, "Live for the moment". Hidup yang kita miliki adalah saat ini, maka kita melakukan sesuatu di waktu yang kita miliki. Manis!

Alur dan Akhir Cerita
Alur yang digunakan adalah alur maju yang cukup mudah diikuti. Perpindahan dari dunia masa depan dan masa sekarang, cukup rapih dibuatnya, sehingga tidak membingungkan. Satu yang perlu dicermati mungkin di episode terakhir. Orang-orang di masa depan mengirim surat untuk orang-orang di masa lalu . Nah, di sinilah titik yang paling penting dan nyambung dengan judul doramanya - Long Love Letter-. Akan ada sedikit bolak-balik antara masa lalu dan masa depan jadi sedikit membingungkan. Satu yang kurang greget adalah akhir cerita yang kurang lengkap. Sejumlah masalah tidak terselesaikan atau tidak diperlihatkan selesai sehingga membuatku penasaran. 

Satu hal lagi yang agak aneh adalah munculnya manusia mutan di masa depan. Sepertinya, peran mereka di dorama ini tidak penting banget. Mereka hanya muncul sebentar dan sama sekali tidak memberikan kesan yang mendalam.

Seting/ Latar
Bagus banget! Lokasi gurun di masa depan sumpah bagus banget. Terasa benar-benar seperti di gurun yang suram, tandus dan tanpa kehidupan. Di mana ya mereka ambil lokasinya? Meskipun ini dorama tahun 2002, tapi efek-efek yang diberikannya tidak terasa 'tua' dan jadul. Kalaupun ada yang jadul adalah gaya-gaya rambut para pemainnya. Sudah sejak kapan ya rambut Yamapi jadi seperti itu? Hahaha...

Tokoh dan Pemeran
Kubozuka Yosuke memang tidak salah deh dijadikan idola pada jaman itu. Selain ganteng, dia juga pandai berakting. Sebagai Asami, aku suka sosoknya sebagai guru SMA yang gaul. Kalau punya guru kayak dia sudah pasti aku akan rajin ke sekolah. Setiap adegan sedih pun, Kubozuka sangat menjiwainya. Yang paling hebat adalah akting kesakitan saat dia sekarat. OMG! Aku seperti bisa merasakan sakit yang dia rasakan. Good Job Kubozuka! Tokiwa Takako sebagai Misaki juga bagus. Aku suka ekspresi matanya yang seperti berbicara. Pokoknya dia bagus deh. (Saking bingungnya aku harus bilang apa). Ah, semoga Asami dan Misaki dapat berbahagia di dunianya sana (yang sudah nonton pasti ngerti. ;P).

Pak guru Asami yang keren. :) (img source: here)

Misaki Yuka (Img source: here)

Pemeran lain yang perlu dicermati adalah para bintang-bintang terkenal saat ini yang pada waktu itu masih muda belia, seperti: Yamashita Tomohisa, Yamada Takayuki, Fujisawa Ryuta, Mizukawa Asami, Ishihara Hayato, Takei Emi, dan Karina. mengenal mereka saat ini dan melihat mereka di tahun 2002 pasti jadi sedikit pangling. Yang paling membuat pangling adalah si Yamada Takayuki. Jika sekarang doi sangat maskulin, sangat laki, di dorama ini doi masih imut-imut. Aktingnya sejak dulu sudah bagus. Lain halnya dengan Yamashita Tomohis a aka Yamapi, meskipun aku fans beratnya, tapi jujur kukatakan kalau akting Yamapi masih kurang greget di sini. Tapi tetap saja sih, dia ganteng banget. Hehehe... Ishihara Hayato, ehm.. So so lah. Mizukawa Asami sangat mudah dikenali karena wajah dan suaranya sama persis. Dia awet muda banget. Takei Emi juga masih imut-imut. Secara keseluruhan, para artis muda ini lumayan baik terutama si Yamada.


Mereka di Long Love Letter dan sekarang 


OST dan Lagu Tema
OSTnya tidak terlalu kuat atau memang aku mungkin tidak terlalu memperhatikannya. Tidak banyak komentar untuk OSTnya. Nah, kalau lagu temanya yang berjudul 'Loveland Island' dinyanyikan oleh x, sangat easy listening. Nada dan melodinya mudah terngiang-ngiang di kepala. Meskipun bisa dibilang ceritanya suram, tapi lagu ini nadanya ceria. Agak tidak nyambung sedikit sih ya. Tapi, yang mengejutkan adalah OST dorama ini mendapatkan penghargaan lho, sebagai musik terbaik di ajang  32nd Television Drama Academy Awards  tahun 2002. 


----
Sekian dulu ya untuk Long Love Letter. Tidak menyesal aku mengutak-atik internet untuk mencoba menonton dorama jadul ini. Kubozuka Yosuke harus ditelusuri lebih lanjut nih sepertinya. Hehehehe..

Jya...

Goodpart: Kubozuka Yosuke, Nice story, Lots of young actors, realistic future desert
Badpart: human mutants, unfinished ending

7.75/10

Selebihnya tentang dorama ini di: d-addicts, asianwiki, jdorama.com
Yang mau download bisa di: doramax264,
Yang mau streaming nonton online bisa di: dramacool 



"Live for the moment" , Asami Akio

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Aku suka bgd jg sama doram ini. Udh nonton bbrp tahun yg lalu. Banyak adegan yg bikin hati hangaat bgd. Akting Asami dan Misaki di sini jg bagus bgd. Satu hal lg yg aku suka dr dorama ini selain cerita dan aktingnya adlh scoring musiknya. Jujur ya scoring/alunan musik di drama ini mewah bgd. Scoringnya bnr2 dibuat serius. Pdhl ini cm drama series tp scoringnya udh selevel film bioskop. Scoring saat misaki&asami berpelukan sampai pagi di gurun itu next level dan mewah bgd loh menurutku. Aku sungguh takjub hihi.

    BalasHapus