Menulis Kalap: Obat Manjur Buntu Menulis :-)

// // Leave a Comment
img source: here

Bagaimana mengatasi kebuntuan untuk menuliskan pikiran dalam suatu tulisan? Kadang-kadang kita benar-benar ingin menumpahkan apa yang ada dalam pikiran. mengalirkannya dalam suatu rangkaian kata yang bermakna. Namun tak kuasa dirasakan ketika terlalu banyak malah menjadi beku. Otak seakan berkhianat dan mengaburkan berbagai ide itu, mencampur aduknya menjadi satu adonan yang akhirnya membingungkan. jari-jari tak bisa bergerak bebas mewakili pikiran kita. KIta seperti terhipnotis untuk tidak bisa berpikir.

Mungkin ini juga yang terjadi ketika kita mengerjakan tugas-tugas sekolah dulu. Skripsi misalnya, jika ditotal-total sebenarnya hanya menghabiskan hitungan minggu atau hari untuk menyelesaikan tulisannya. Namun nyatanya? Bisa-bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Bukan karena bodoh ataupun tidak mampu. tapi itulah. terlalu banyak yang ingin dituangkan namun tidak tertata rapi. pada akhirnya beleleran kemana-mana. Campur bawur, beraduk-aduk di dalam otak. Tidak bisa keluar dan ujung-ujungnya tidak tergarap dan malah membuat pusing. cara paling banyak ditempuh ya-- ditinggalkan. hingga akhirnya waktu tidak terasa telah termakan jauh di belakang. 

Pernah juga diajarkan bagaimana caranya membiasakan diri agar bisa keluar dari tekanan 'buntu menulis' dan agar bisa mengatasi deadline ketika kita dipaksa menulis padahal tidak mau menulis. Yap. dengan FREE WRITING. Menulis bebas. menulislah bebas selama 10 menit per hari. menulis apapun itu. apa yang ada di dalam pikiran dituangkan tanpa perlu diedit dulu. dengan cara ini kita bisa dengan bebas mengeluarkan apa yang tercetus dan muncul dalam pikiran tanpa perlu mengoreksinya. Hasilnya tentu saja bervariasi. bisa bagus, hancur, berantakan atau malah brilliant? tergantung kondisi mungkin ya? tidak tahulah. tapi memang kurasa menulis bebas itu banyak sekali manfaatnya. dan lebih sering aku terkesima dengan hasilnya. setelah 10 menit menulis kalap dan kubaca hasilnya. Sungguh! ternyata ketika kupaksa berpikir aku bisa juga produktif.

Dan tulisan ini adalah tulisan kalapku hari ini. Sungguh aku merasa banyak yang ingin kutulis, dari review buku, film, manga, ingin menceritakan kisah-kisahku, menceritakan foto-foto perjalananku, pemikiran-pemikiranku, tapi aku bingung dan buntu. suntuk. aku teringat tentang menulis kalap ini. dan kucoba saja menulis kalap hari ini. Sudah lama tidak melakukan ini. Dan akhirnya,...

Dong dong dong.. 10 menit sudah hampir berakhir. saatnya menyelesaikan tulisan ini. Ini tidak akan ku-edit. Biar saja. Biar tahu hasilnya orang kalap.


Net262
--------------------------------------------

(Karena tanpa edit, pastinya akan banyak kesalahan ketik dan grammar. hehehe)



0 komentar:

Posting Komentar