(IND-Movie) LOVELY MAN : Kisah Semalam Seorang Ayah Waria dan Anak Perempuannya

// // Leave a Comment



Judul  : Lovely Man
Sutradara : Teddy Soeriaatmadja
Cerita : Teddy Soeriaatmadja
Pemeran : Donny Damara, Raihaanun
Bahasa : Indonesia
Tahun  : 2012

"Apapun yang kamu lakukan dalam hidup. Bukan masalah benar atau salah. Tapi itulah jalan hidup." - Ipuy/ Saiful.

Lovely Man adalah satu dari film Indonesia yang bermutu dan sangat layak ditonton. Meskipun aku baru menontonnya di tahun ini (2014) ini tapi sungguh film ini berkesan bagiku. Ciri film bagus adalah ketika film selesai diputar, meninggalkan rasa yang aneh dan tidak biasa. Lovely Man memberiku perasaan yang hangat sekaligus bernostalgia. Bagi kamu yang belum nonton, aku akan daftarkan 5 hal kenapa kamu harus nonton Lovely Man.

1. Cerita yang orisinal dan menarik.
Seorang gadis remaja yang baru lulus SMA pergi ke Jakarta sendirian untuk mencari ayahnya yang telah pergi saat dia berusia 4 tahun. Cahaya akhirnya menemukan ayahnya yang ternyata bekerja sebagai banci PSK yang sedang mangkal di malam hari. Ayah dan anak itu akhirnya dipertemukan dalam cerita satu malam yang penuh dengan kisah kehidupan. Banci juga manusia, banci juga seorang ayah. Kisah Lovely Man menyoroti sisi kejiwaan waria yang harus memainkan perannya sebagai seorang waria ataupun pria. Dalam 1 malam dan 2 orang tokoh utamanya, kita akan diajak berjalan-jalan di dunia malam jalan-jalan Jakarta, kehidupan para waria psk yang entah terrpaksa ataupun suka mencari nafkah dengan menjajakan jasanya, cibiran dan pandangan merendahkan dari banyak orang dan sisi lain dari hidup mereka. Salut untuk penulis cerita, Teddy Soeriaatmaja. 

2. Pemeran terbaik: Donny Damara
Donny Damara memerankan Saiful, tokoh sentral di film ini sekaligus ayah Cahaya (Raihaanun). Sebagai waria, sesunguhnya sosok Donny kurang pas, sebab selama ini kita mengenal Donny sebagai pria macho dan badan berotot. Tapi, ternyata dengan badan gedhe-nya, Donny tetap mempesona dalam memerankan Ipuy, sang banci yang ternyata memiliki rasa kebapakan pada anak gadisnya. Raihaanun juga cukup baik memerankan Cahaya. Wajah Ipuy dan Cahaya juga sekilas mirip, cocok sebagai pasangan ayah-anak. Meski hanya mereka yang memainkan peran selama hampir 2 jam film, tapi tetap menarik.

Ipuy (Donny Damara) dan Cahaya (Raihaanun)
                              

3. Setting Jakarta dan Taman Lawang
Lokasi Taman Lawang telah terkenal sebagai tempat mangkal para banci psk. Aku sendiri belum pernah ke sana malam-malam. Lovely Man akan membawa kamu ke sini, berkenalan dengan kehidupan yang mungkin sama sekali lain dengan dunia malam kamu yang hanya tidur di rumah. Malam hari di sana adalah waktu kerja bagi para psk itu. Satu yang aneh adalah adanya adegan di bus  di jalur busway jam 3 pagi. Memang ada ya? 

4. Kritik sosial 
Mungkin kita selama ini selalu menganggap rendah para waria psk. Bahkan secara tidak manusiawi memperlakukan mereka baik secara lisan maupun perbuatan. Bagaimanapun juga mereka adalah manusia yang memiliki perasaan. Kita tidak akan bisa berempati jika kita menutup mata dan tidak peduli. Melalui film ini, kita diajak untuk melihat lebih jauh sosok waria yang mungkin dalam kehidupan nyata, bahkan menyapa saja kita sungkan melakukannya. 

5. Multi award atau banyak penghargaan.
Tentu saja penghargaan diberikan kepada film ini karena memang berkualitas. Beberapa penghargaan internasional yaitu:
     - Best actor Asian Movie Award 2012 : Donny Damara
     - Best film Tiburon Internationall Film Festival 2012 : Lovely Man
     - Best director Tiburon International Film Festival 2012 : Teddy Soeriaatmadja
     - Special Mention at Osaka Film Festival 2012 : Teddy Soeriaatmadja 
     - dan masih ada sejumlah nominasi penghargaan yang diraih film inj.

Walaupun film ini berprestasi di kancah internasional tapi di negeri sendiri malah sempat didemo, siapa lagi kalau bukan FPI. Yang dipermasalahkan selalu saja hal basi, penistaan agama dan pelanggaran moral. Semoga saja masyarakat Indonesia bisa lebih cerdas memilih. Kenyataan sosial harus dipandang dengan bijak. 

Bagi kamu yang belum sempat nonton film ini, bersyukurlah dengan adanya internet. Sudah ada yang meng-unggah film ini di situs Youtube dengan kualitas gambar serta audio yang cukup baik (aku tautkan di akhir tulisan ini). Pokoknya harus nonton Lovely Man.

Selamat nonton ya. 



-----------------

Beberapa review menarik tentang film ini (klik link di bawah):

0 komentar:

Posting Komentar