Shortcut Rusak Windows 7 ? Hanya 5 Menit

// // Leave a Comment
1 TAHUN VS 5 MENIT

Penyakit di laptopku ini sudah ada sejak lebih dari setahun yang lalu.


Dan baru sekarang aku menyadari betapa bodohnya aku. 

img source:here
Berawal pada suatu hari, tak sengaja aku mengotak-atik laptop yang akhirnya menjadikannya kacau. Seluruh shortcut yang ada di start menu dan di dekstop berubah jadi notepad. SEMUANYA. Jadi saat aku klik shortcut Ms Word ataupun Google Chrome, ataupun semua program di start menu, semuanya terbuka di notepad alias tidak dapat dibuka. Mungkinkah ini serangan virus mendadak?

Ya, aku sempat menyalahkan VIRUS untuk penyakit ini, namun kemudian aku merasa meski ini virus, namun kupikir tidak terlalu berbahaya karena kulihat data-dataku semua aman. Halahhh...

Bagaimana aku harus menjalankan laptopku kemudian?
Ternyata, aku terlalu kreatif sehingga aku berhasil menemukan cara untuk membuka program tidak dari shortcut di start menu, namun membuka langsung dari otak nya, di C/programfiles/ lalu pilih program yang ada. Atau cara kedua adalah dengan membuka file data dalam format yang sama, misalnya saja untuk membuka Ms Word, maka buka saja file data yang ada dalam format ini. Nah, baru setelah terbuka tinggal open new document deh. Kreatif kan. Tentu saja semuanya ini merepotkan sekali.

Cara itu aku lakukan selama satu tahun. Bayangkan satu tahun. Dan aku masih merasa bahwa 'aku dan laptopku' baik-baik saja. Hello Net???

Pernah juga, seorang teman mencoba membantu untuk memperbaikinya dan ternyata dia gagal. Dia bilang juga bahwa ini kerjaan Virus. 

"Wah, biasanya dengan cara ini udah bisa balik, tapi laptop lu mah kayaknya virusnya udah parah jadi udah gak bisa dibenerin, kalo mau install ulang aja" dia bilang. 

"Oh gitu yah, okelah biarin ajah, tengkyu" kujawab dan selesai sudah.... Mudah menyerah.. 

Install ulang?? No, thanks. Itu adalah hal terakhir yang akan kulakukan, ribet dan mahal pula harganya. Aku masih bisa survive dengan shortcut yang rusak ini. 

Satu tahun kemudian,....

Aku sadar bahwa semakin lama aku semakin bersahabat dengan kondisi ini. Hingga aku menemukan artikel di KASKUS hot thread beberapa hari lalu yang isinya beberapa tips untuk lebih mempercepat kerja Windows7 dan kebetulan pula laptopku saat ini lemotnya udah sangat parah. Salah satu tipsnya adalah membuka aplikasi disk cleanup yang ada di start menu - accesoriess- system tool - disk clean up. Ya, masalah dimulai dari sini. Tentu aku tidak bisa membuka. Kucoba dari C, namun gak nemu juga caranya. 

Entah kenapa aku tidak mau menyerah, aku mencari cara agar bisa membuka disk clean up ini dan akhirnya terpikir olehku untuk memperbaiki startmenu.

img source:here
Dari hasil googling singkat aku menemukan sebuah artikel yang membahas permasalah yang sama. Kucoba praktekkan panduannya dan hanya butuh waktu 5 menit dan,...AAAAAAAAAAAAAA....YESSSSSSS.....
Semua shortcut di start menu laptopku sudah sembuh, sudah nongol lagi. Ini semua tentang Iconcache.db. 

Bye - Bye Note Pad!!!   Not Again!!

Hanya tertawa-tawa sendiri sambil berpikir, "Betapa bodohnya aku setahun ini, Gak dari kemarin-marin napa?"

Pelajaran: Jika ada masalah komputer, jangan alergi duluan, tanya si GOOGLE, cari cara dan perbaiki sendiri. Siapapun kamu, pasti bisa. Karena aku yang gagap komputer ini saja bisa, meski harus nunggu dulu sadar satu tahun. 

SATU TAHUN VS 5 MENIT?!!! damnnnn..... 
--------------------------

ini dia artikelnya: 

Mengatasi Ikon Shortcut yang rusak/salah pada windows 7 (IconChache.db) - Masalah ikon folder shortcut yang tidak benar/rusak pada windows termasuk shortcut start menu maupun desktop akan membuat pengguna merasa tidak nyaman melihatnya/bahkan resah digunakan bagi pengguna yang belum tau sebab program shortcut tidak berjalan semestinya. Sebuah ikon shortcut tidak ditampilkan dengan benar karena sumber shortcut telah dipindahkan atau dihapus dan ini sering terjadi pada windows 7,  selengkapnya klik SINI   

Banyak juga artikel serupa, silakan browsing sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar