Gagal Legowo

// // Leave a Comment
Legowo

Banyak kudengar akhir-akhir ini kata 'legowo'. Satu kata dari Bahasa Jawa ini tiba-tiba sering muncul di dunia maya tempatku sering nongkrong di forum terbesar di Indonesia, dalam bentuk artikel, tulisan, atau paling sering berupa gambar. Gambar seorang laki-laki berpeci yang menutup mukanya dengan telapak tangan dengan tulisan 'LEGOWO' besar-besar di bawahnya. Kenapa dengan si laki-laki itu? Kenapa dia menutup mukanya? Apakah dia malu? Apakah legowo berarti malu? Tentu bukan itu.

Seingat yang aku tahu, legowo itu berarti berjiwa besar. Ah, itu lagi satu ungkapan yang susah didefinisikan dengan jelas. Apa juga itu berjiwa besar? Jiwa saja sangat sulit untuk diartikan apalagi ini jiwa yang besar. Berani menerima kenyataan, jujur dalam menjalani kehidupan, itulah legowo yang kutahu.

Tentu mudah diterima jika kenyataan indah dan baik di depan kita, tapi sebaliknya? Tidak mudah untuk menerima kehilangan, tidak mudah menghadapi kesedihan, dan tidak mudah pula menerima kekalahan dan kesalahan. Coba bertanya pada diri sendiri betapa sering aku berbohong dan mengingkari apa yang kutahu benar hanya karena aku tidak ingin mengakuinya. Ketika aku salah aku akan berdalih, menyalahkan kambing hitam yang tak tahu apa-apa, menuduh setan telah membisikkan rayuannya, menyalahkan keadaan yang tak pernah paham. Aku sering beralibi, aku sering menipu diri, dan saat itu pula aku merasa GOBLOK. Aku gagal jujur. Aku gagal legowo.

Lalu kemudian muncullah orang-orang itu. Mereka yang kulihat sulit sekali menerima kondisi. Mereka mencari alasan dengan kata kebenaran. Aku tak tahu siapa yang benar tapi melihat mereka berjuang mati-matian untuk menyangkal situasi membuatku geli sendiri. Berita-berita penolakan, pernyataan sanggahan, dan begitu banyaknya alasan bagiku seperti mengada-ada.

Apakah yang sebenarnya diperjuangkan? Kebenarankah? Atau hanya keengganan untuk jujur pada diri? Enggan untuk legowo? Aku kasihan.

Aku kasihan karena aku tahu apa yang dirasakan ketika seseorang gagal legowo. Dan kuharap tak banyak orang yang saat ini merasakan apa itu gagal legowo.


Gambar ini aku ambil dari forum http://kaskus.co.id/ , forum terbesar di Indonesia. Apa yang nge-tren di sini kurasa adalah perwakilan apa yang sedang tren juga di dunia maya di tanah air.


0 komentar:

Posting Komentar