Dreamcatcher, Si Penangkap Mimpi yang Menawanku (Part 1)

// // 5 comments
(Pengaruh K-POP emang menggila. Katanya dreamcatcher jadi trend setelah K-drama The Heirs. Denger-denger dari teman-temanku sih. Tapi jadi penasaran juga. Ini sedikit hasil kepo-ku)

Sekelumit cerita Dreamcatcher sang Penangkap Mimpi
img source: here

Pernah dengar tentang penangkap mimpi? Hemm, kalau aku lebih sering melihatnya alih-alih tahu namanya. Sering melihat hiasan gantung berbentuk lingkaran yang dirajut dengan benang-benang, dan dihiasi dengan sulur-sulur tali warna-warni ditambah manik-manik dan selipan bulu-bulu ayam (atau burung?).  Sekilas mirip dengan bel angin yang selalu menimbulkan bunyi gemerincing ketika angin berhembus. Benda ini paling sering dipasang di jendela-jendela kamar. Karena warna-warni indahnya, benda ini lebih sering terlihat sebagai hiasan dan pajangan saja. Beberapa temanku memasangnya juga karena keindahan bentuknya, bukan karena fungsinya. Hemm,...Benda tulah yang namanya penangkap mimpi atau dalam bahasa Inggrisnya dreamcatcher.

Penangkap mimpi dipercaya dapat menangkap mimpi buruk dan hanya meloloskan mimpi-mimpi baik saja. Konon, mimpi buruk akan tertahan di jaring-jaring dalam lingkarannya. Sedangkan mimpi indah akan lolos melalui lubang di tengah-tengahnya kemudian meluncur turun melalui tali-tali yang berujung bulu dan mengantarkannya kepada orang yang tidur di bawahnya. Mimpi buruk yang tertangkap di jaring akan hilang seiring dengan munculnya sinar fajar pertama.

Ya ya ya, boleh jugalah kisahnya.  Lalu sebenarnya apa sih itu penangkap mimpi? Kok bisa? Darimana asalnya? Siapa pembuatnya? Sumpah!!! Banyak banget pertanyaan yang ingin kucari jawabannya. Mengandalkan mbah Google, aku mencoba mengumpulkan jawaban atas rasa penasaranku itu.

Sejarah Dreamcatcher, Siapa sih yang bikin? Kok bisa dapat ide itu? Makna dibalik simbol-simbolnya, adakah hubungan dengan agama atau kepercayaan tertentu? Dan kok bisa sampai terkenal gitu ya?

Penangkap mimpi berasal dari masyarakat Ojibwe, yaitu salah satu masyarakat Indian di Amerika, kemudian menyebar ke daerah lainnya melalui perdagangan dan perkawinan. Penangkap mimpi terkait dengan budaya 'simpai' (eh apa sih simpai ini? Bahasa Inggrisnya hoop , kalo menurut kbbi artinya lingkar atau gelang-gelang). Simpai memiliki posisi penting bagi masyarakat Indian karena dianggap simbol dari kekuatan dan kesatuan. Banyak simbol lain yang lahir simpai, salah satunya adalah penangkap mimpi.

Asal muasal penangkap mimpi diceritakan dalam sebuah legenda kuno dari Ojibwe. Seorang wanita laba-laba bernama Asibikaashi selalu menjaga anak-anak dan orang-orang di Ojibwe. Namun semakin lama, wilayah Ojibwe semakin luas. Asibikaashi pun tidak bisa lagi menjangkau seluruh wilayah Ojibwe dan menjaga orang-orangnya. Karena itu, para ibu dan nenek membuat jaring ajaib yang dibuat dari simpai pohon willow dan tali-talian dari tanaman atau serat daging. Jaring ajaib itu diletakkan di atas tempat tidur. Seperti disebutkan sebelumnya, jaring ajaib ini akan melindungi orang-orang dari mimpi buruk. Jadi penangkap mimpi adalah perwakilan dari Asibikaashi.

Lanjut ya.. Klik read more bawah ini

img source: here
 Sejarah lain dari dreamcatcher juga ada yaitu dari orang-orang Lakota (salah satu masyarakat Indian juga). Diceritakan dahulu kala pemimpin spiritual Lakota pergi ke suatu gunung yang tinggi. Di sana dia mendapatkan wangsit (bahasa inggrisnya vision, benar kan wangsit. :p). Di dalam wangsitnya, dia bertemu dengan Iktomi, seorang bijak dalam wujud laba-laba. Iktomi mulai mengajak berbicara dalam bahasa suci (bahasa Dewa kali ya). Iktomi mengambil simpai dari ranting pohon willow yang berhias surai kuda, manik-manik, dan bulu burung. Diapun mulai menenun jaring. Sambil menenun Iktomi bercerita tentang siklus kehidupan manusia dari lahir, menjadi anak-anak, dewasa, dan orang tua. Dalam hidupnya manusia akan selalu dipengaruhi oleh hal baik dan jahat. Jika mengikuti hal baik maka akan mengarahkan pada jalan yang benar. Begitu juga sebaliknya. Iktomi terus bercerita sambil menenun jaringya. 

Setelah selesai menenun, Iktomi memberikan lingkarang berjaring pada orang itu. Iktomi berkata bahwa itu adalah jaring sempurna dengan lubang berbentuk lingkarang di tengahnya. Gunakan jaring itu untuk membantu orang-orang mewujudkan cita-citanya, mewujudkan dengan baik ide, mimpi, dan keinginannya. Jika kamu percaya pada kekuatan roh suci (great spirit) maka jaring itu akan menyaring hal-hal baik dan menangkap yang jahat. Setelah itu Iktomi hilang. Orang-orang Lakota percaya bahwa lingkaran berjaring yang diberikan Iktomi tersebut akan melindungi mereka dari hal jahat terutama dari mimpi buruk. 

Makna dan arti dari bagian-bagian penangkap mimpi. Bentuk lingkaran melambangkan matahari dan bulan yang setiap saat melintasi langit. Jumlah senar atau tali jaring memiliki arti bermacam-macam. Jumlah 13 melambangkan 13 fase bulan, 8 melambangkan jumlah kaki laba-laba /Asibikaashi, 7 melambangkan 7 ramalan leluhur, 6 adalah lambang untuk elang atau keberanian, dan 5 adalah lambang bintang. Bulu yang dipasang di ujung juntaian tali juga memiliki makna beragam. Jika yang dipasang adalah bulu burung hantu maka itu adalah lambang kebijaksanaan. Bulu ini dipakai untuk perempuan. Sedangkan laki-laki menggunakan bulu elang yang berarti keberanian. 

Lambat laun penangkap mimpi semakin dikenal dan meluas penggunaanya. Tidak hanya di Amerika atau Canada saja namun juga hampir di seluruh dunia. Ini dapat kukatakan karena aku sudah pernah melihat catcher ini sejak aku masih kecil. Artinya penangkap mimpi sudah masuk Indonesia sejak lama juga. Eh, apalagi sejak drama Korea "The Heirs" sukses di pasaran, tambah booming dan terkenal si penangkap mimpi ini di Asia. 

Namun semakin dikenalnya penangkap mimpi bukan berarti  fungsi dan maknanya juga ikut terkenal. Aku sendiri tidak lekas tahu fungsinya meskipun sudah tahu namanya. Bahkan aku baru tahu beberapa hal tentang penangkap mimpi saat aku menulis ini. (Terimakasih untuk ke-KEPO-an ku) Fungsi dari penangkap mimpi juga mulai bergeser. Jika pada awalnya berfungsi sebagai pelindung dari mimpi buruk, sekarang lebih sebagai dekorasi, sebagai hiasan. Jika seharusnya dipasang di atas tempat tidur, sekarang bisa dipasang di mana saja. (Jika ingat adegan di The Heirs, penangkap mimpi dipasangnya di jendela atau di pintu. Ehm, Jadi kangen Lee Min Ho. Hehe). Bahkan banyak juga penangkap mimpi dijadikan design untuk kalung, anting-anting, dan aksesoris lain. Wow, pesona dreamcather tiada tara.

Boleh juga tuh sekali-kali bikin kalung bentuk penangkap mimpi. Bulunya dari bulu ayam saja, yang gampang. Cari burung hantu atau burung elang pasti tidak mudah kan? Hehehe... Ada yang mau pesan? Japri ya.

Lee Min Ho dan si penangkap mimpi 


---------
Beberapa pertanyaanku yang belum terjawab. (Nanti sambung Part 2)

Dream Catcher berdasarkan science
Apakah ada bukti atau mungkin penelitian tentang dream catcher ini? Bagaimana tingkat kepercayaan orang-orang?  Kekuatan magis atau science?
Dream Catcher di Indonesia
Siapa yang membawanya? Dimana dan bagaimana disebarkannya?
Saat ini bagaimana fungsinya? Siapa saja pemakainya? - Kasus aku, sering lihat tapi tidak tahu nama dan fungsinya, reduksi makna kah?


(Sumber: Berbagai sumber yang berawal dari Google, salah satunya sini )



5 komentar: Leave Your Comments

  1. Balasan
    1. Wah, saya sebenernya belum pernah bikin sih. Tapi nanti tak coba cari tutorialnya di youtube. biasanya suka ada. :D

      Hapus
  2. Dreamcatcher memang bagus buat hiasan, apa lagi di gantung di Spion Mobil..

    BalasHapus
  3. Dreamcatcher yang di pegang Lee Min Hoo unik juga modelnya, belum pernah saya temui.

    BalasHapus
  4. http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/kedai-bakmi-janda-ramai-dikunjungi.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/kabar-gembira-untuk-para-traveler-ganti.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/istri-wafat-saat-manortor-di-upacara.html

    ♥♦♣♠ PelangiQQasia ♠♣♦♥
    CONTACT US :
    BBM : D1E0517C
    Skype : PelangiQQ
    FB : Pelangi QQ Asia
    BANK YG TERSEDIA :
    BCA | MANDIRI | BRI | BNI | DANAMON | PANIN | PERMATA
    KAMI TUNGGU KEHADIRANNYA

    BalasHapus